Memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember PDF Print E-mail

indonesia

Hari ini adalah hari istimewa bagi bangsa Indonesia, bangsa yang sarat dengan sejarah dan perjuangannya. Dalam sejarahnya bangsa ini terbentuk hasil dari perjuangan para pahlawan dari Sabang sampai Merauke. Begitu besar pengorbanan mereka baik harta maupun jiwa mereka. Maka sudah semestinya hari ini seluruh rakyat Indonesia memperingati Hari Pahlawan sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menghargai jasa-jasa dari para pahlawan kita.

Atas dasar itulah siswa-siswi beserta seluruh guru dan karyawan SMK Bina Prestasi memperingati Hari Pahlawan ini dengan melaksanakan upacara bendera yang dilanjutkan dengan lomba-lomba seperti lomba puisi bernuansa perjuangan, lomba membuat poster, lomba paduan suara, dan fashion show.

Dalam amanat upacara bendera Kepala Sekolah SMK Bina Prestasi Bapak Maulana Putra, SE menyampaikan bahwa sekalipun bangsa Indonesia sudah merdeka tetapi perjuangan bangsa ini belum berhenti. Perjuangan harus tetap dilanjutkan untuk meneruskan cita-cita para pahlawan bangsa ini yaitu mengantarkan bangsa ini menjadi bangsa yang rakyatnya hidup makmur dan sejahtera. Namun sama-sama kita ketahui untuk mencapai cita-cita tersebut tidaklah mudah.

Hal yang sangat menggembirakan dalam perjalanan bangsa ini sesudah merdeka adalah saat ini Indonesia termasuk ke dalam kelompok negara-negara yang perkembangan ekonominya berkembang pesat, yaitu G20. Untuk PDB (produk domestic bruto) saja posisi Indonesia berada nomor 8 di dunia, begitu juga berkaitan tax amnesty. Tidak satupun di dunia ini yang memiliki keberhasilan seperti Indonesia. Belum lagi kekuatan militer Indonesia yang berada pada posisi 12 di dunia satu tingkat diatas Australia. Tentu saja hal ini amat menggembirakan sekaligus membuat kita menjadi bangga atas bangsa ini.

Masih dalam amanat yang disampaikan Kepala Sekolah SMK Bina Prestasi, hendaknya saat ini generasi muda sebagai pondasi masa depan bangsa ini harus menjaga kewaspadaannya, Karena bisa jadi ada pihak-pihak dari negara asing yang tidak suka dengan perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia. Kecurigaan terhadap gerakan yang ingin menghancurkan generasi muda lewat narkoba dan obat-obatan terlarang terlihat massif dan saat ini BNN pun masih terlihat kewalahan untuk memberantas Narkoba. Hendaknya para generasi muda bisa menjaga dirinya agar tidak tergoda untuk mencoba obat-obatan terlarang dan Narkoba yang juga bisa merusak masa depan mereka sendiri. Demikianlah pesan dalam amanat yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SMK Bina Prestasi pada upacara Bendera untuk memperingati Hari Pahlawan.

Untuk lebih menyemarakkan hari pahlawan sekaligus memaknai perjuangan para pahlawan bangsa kita, para siswa-siswi yang digerakkan oleh OSIS SMK Bina Prestasi menyelenggarakan lomba puisi yang bernuansa perjuangan, paduan suara, lomba poster dan fashion show. Uniknya dalam kegiatan ini, seluruh siswa dan guru beserta staf dan karyawan SMK Bina Prestasi menggunakan atribut dan seragam yang identik perjuangan bangsa Indonesia saat masih berjuang dalam melawan penjajah. Hal ini seperti inilah yang menggugah semangat sekaligus kegembiraan dikalangan para siswa-siswi SMK Bina Prestasi dalam menyambut hari pahlawan.

Bagi sekolah sendiri tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah untuk memupuk rasa nasionalisme diantara para siswa-siswi SMK Bina Prestasi juga sekaligus bagian dari pembentukan karakter agar tumbuh di jiwa dan mental mereka untuk menyadari betapa pentingnya rasa patriotisme yang tinggi di jiwa mereka. Karena mereka sejatinya adalah calon-calon pemimpin masa depan bangsa Indonesia. Semoga harapan dan perjuangan dari para pahlawan yang sudah bersusah payah dengan mengorbankan harta dan jiwa mereka tidak menjadi sia-sia dan dapat diemban oleh generasi penerus bangsa ini. Selamat memperingati hari Pahlawan…….Merdekaaaa