Menulis Belum Kalah Pamor dari Mengetik PDF Print E-mail

Kebiasaan menulis tangan mulai tergantikan dengan pola mengetik di zaman sekarang. Tak bisa dimungkiri, mengetik dirasa lebih praktis oleh generasi masa kini.
Kelebihan dari proses mengetik itu pun diamini oleh ahli pendidikan di Finlandia. Seperti dilansir The Guardian, mulai 2016 nanti pelajaran menulis indah akan diganti kemampuan mengetik dengan keyboard.
Revolusi menulis pun kini semakin terasa. Meskipun sebenarnya, baik menulis atau mengetik punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya dapat saling mempengaruhi kehidupan Anda dari berbagai sisi. Berikut ini beberapa alasannya

:
Daya ingat

Daya ingat pada saat menulis dirangsang dengan adanya gerakan tangan. Menulis juga mengizinkan Anda mencerna informasi sebelum dicatat.
Berdasarkan studi Anne Mangen dari University of Stavangers Reading Centre, menulis dengan tangan meninggalkan jejak di sensorimotor pada otak manusia. Bagian ini meningkatkan kemampuan visual mengenal huruf dan angka sehingga Anda lebih ingat apapun yang ditulis.
Sementara itu, proses berpikir hilang ketika Anda mengetik. Anda dapat dengan cepat menyalin kata per kata dari lawan bicara tanpa harus menyerap informasi yang ada.
Proses belajar

Ada banyak hal bisa mengganggu Anda ketika mengetik. Perangkat komputer atau ponsel membuka pintu pada beragam gangguan, seperti godaan menonton video di internet atau berkirim pesan dengan teman.

Pada saat menulis tangan, Anda bisa lebih fokus karena tidak ada hal lain yang ditawarkan. Hanya ada Anda, catatan, dan beragam tugas yang harus selesai di depan mata.
Hemat waktu

Menulis tangan memang diakui memakan waktu lebih lama ketimbang proses mengetik. Anda masih harus memindahkan tulisan pada format digital jika ingin dikirimkan pada orang lain.
Sementara jika mengetik, hasilnya dapat langsung dicetak atau digandakan. Hasil ketikan juga bisa langsung dikirim melalui surat elektronik atau pengirim pesan lainnya.
Namun, teknologi kini bisa memadukan kedua hal itu sekaligus di hadapan Anda. Manfaat dari dua kegiatan itu bisa Anda dapatkan dengan menggunakan ponsel Samsung Galaxy Note 5. Ponsel pintar ini dibekali S Pen yang dirancang layaknya pulpen agar Anda bisa merasakan efek menulis natural.
Fitur Auto Eject pada S Pen membuat pulpen ini lebih mudah dikeluarkan hanya dengan menekan bagian atasnya. Seketika, Anda pun dapat menulis, bahkan di saat kondisi layar mati dan dokumen yang Anda tulis akan langsung tersimpan pada S Note.
Tak hanya itu. Pada ponsel pintar seri ini juga tersedia sensor sensitif yang dapat meniru tulisan tangan Anda. Tulisan dapat terekam pada ponsel tanpa hambatan, seolah Anda benar-benar menulis pada buku.
Nah, kini Anda punya kesempatan menikmati manfaat menulis tangan sekaligus kecepatan mengetik pada ponsel pintar. Ini bukti bahwa menulis belum kalah pamor dibandingkan mengetik. Dengan teknologi ini, otak Anda dapat terlatih dengan baik, sementara pekerjaan pun dapat selesai tepat waktu.